Kurang Minum Susu? Waspadai Tanda-Tanda Kekurangan Iodin Di Usia Remaja - TwitterTorss.com

TwitterTorss.com

TwitterTorss.com

Breaking

Tuesday, March 3, 2020

Kurang Minum Susu? Waspadai Tanda-Tanda Kekurangan Iodin Di Usia Remaja

Gill Bembridge tak begitu khawatir dikala mendapati benjolan kecil di leher putrinya, Faye. Ia mengira putrinya hanyalah kedinginan. Hingga suatu dikala salah seorang temannya menyampaikan itu bukanlah benjolan biasa.

"Ia seorang pensiunan dokter, namanya Pete Lansley. Ia bilang benjolan itu membuktikan Faye kekurangan iodin. Ini tak pernah terlintas dalam benak saya sekalipun," kata Gill.

Dan ibu dua anak itu kaget dikala imbas jangka panjang dari kekurangan iodin bukan hanya benjolan, namun sampai gangguan mental, entah itu pada bawah umur maupun orang sampaumur sekalipun. Khusus bagi remaja perempuan, mereka juga butuh lebih banyak iodin biar payudara dan ovariumnya berkembang dengan baik.

Menurut laporan WHO, kekurangan iodin juga bersahabat kaitannya dengan turunnya IQ atau kepintaran, kelelahan akut, keguguran, sampai gangguan tiroid yang berperan penting dalam proses perkembangan. Bila sudah parah, kekurangan iodin juga sanggup menyebabkan hilangnya daya ingat dan mandul.

Ketika dimintai keterangan, Dr Lansley menerangkan gondongan atau benjolan yang muncul di leher gadis 9 tahun itu juga ia temukan pada bawah umur tetangganya yang masih remaja di daerah Yorkshire. Benjolannya persis di tengah leher dan akan bergerak naik turun dikala sedang mengunyah.

"Gondongan merupakan tanda-tanda paling terperinci dari kekurangan iodin. Bila badan kekurangan mineral ini maka kelenjar tiroid membesar biar sanggup menghasilkan hormon tiroid sendiri, makanya membengkak," terang Dr Lansley .

"Di tahun 60-an saya pernah bertugas di Turki dan melihat banyak gadis remaja mengalami kondisi semacam ini, namun saya tak pernah mengira akan melihatnya di Inggris," tambahnya.

Namun dari sebuah penelitian yang dipublikasikan The Lancet di tahun 2011 terungkap bahwa 70 persen remaja di penjuru UK mengalami kekurangan iodin, meskipun hanya satu dari lima anak yang kadar iodinnya tergolong sangat rendah.

Lantas bagaimana sanggup remaja-remaja di Inggris kekurangan iodin? Iodin sanggup diperoleh dari masakan laut, rumput laut, ikan cod dan kerang. Akan tetapi yang lebih banyak ditemukan di Inggris yakni keju dan yoghurt.

Hanya saja di tahun 1970-an konsumsi susu di negara ini menurun drastis alasannya yakni alergi dan perubahan selera di masyarakat. Sedangkan susu organik yang diproduksi di peternakan-peternakan Inggris mengandung iodin 40 persen lebih sedikit ketimbang susu yang dihasilkan di peternakan pada umumnya.

Beruntung sesudah dibawa ke dokter dan mendapat resep pelengkap iodin, gondong di leher Faye perlahan menghilang hanya dalam waktu satu bulan. Setelah itu Gill bertekad untuk memenuhi asupan susu dan masakan kaya iodin lainnya untuk putrinya itu.

Menurut jago nutrisi Leona Victoria Djajadi, DNC, iodin tergolong ke dalam tiga nutrisi yang harus diberikan biar anak tumbuh cerdas. "Cara termudah untuk memenuhinya yakni memakai garam beryodium, tetapi juga jangan berlebihan," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Anak usia 0-1 tahun sanggup mengonsumsi garam 1 gram per hari, kemudian untuk anak usia 1-6 tahun garam 2-3 gram sanggup diberikan per hari.

No comments:

Post a Comment

Pages