Trend Face shield, Perlukah Menggunakan Face shield Setelah Menggunakan Masker Kain? - TwitterTorss.com

TwitterTorss.com

TwitterTorss.com

Breaking

Sunday, July 12, 2020

Trend Face shield, Perlukah Menggunakan Face shield Setelah Menggunakan Masker Kain?


Masker menjadi barang yang wajib dikenakan saat keluar rumah. Untungnya, masker menjadi barang yang mudah ditemukan dengan harga murah karena sudah banyak yang jual masker kain. Untuk masker medis, ketersediaan barangnya di pasaran sangat langka dan harganya pun mahal. Karena alasan itulah, pemerintah menghimbau agar masyarakat umum yang bukan tenaga medis untuk mengenakan masker kain saja. Biarkan masker medis dikenakan oleh para tenaga medis.


Memasuki era new normal, masyarakat menambah alat perlindungan diri dengan menggunakan face shield. Ada yang mengenakan masker kain lengkap dengan face shield, ada pula yang hanya menggunakan face shield.

Berbeda dengan masker yang terbuat dari kain, face shield terbuat dari plastik atau mika. Fungsinya sama dengan masker, yaitu menangkal droplet yang menjadi media penularan virus corona. Jika masker hanya melindungi area hidung, mulut, dan dagu, face shield melindungi seluruh muka penggunanya sampai area mata.

Kelebihan Face shield

Face shield dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

  1. Melindungi seluruh wajah
Yang pertama, face shield melindungi seluruh wajah Anda, termasuk area mata. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan kaca mata pelindung atau Goggles.

  1. Tidak ada batasan waktu penggunaan
Yang kedua, penggunaan face shield tidak memiliki batasan waktu. Berbeda dengan masker yang perlu diganti setiap 4 jam sekali, face shield tidak demikian. Anda bisa menggunakannya seharian penuh dan baru dilepas ketika sudah sampai rumah.

  1. Lebih mudah berkomunikasi
Yang ketiga, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi ketika menggunakan face shield. Hal ini dikarenakan face shield tidak langsung menempel ke muka. Ada jarak antara plastik mika ke bagian wajah sehingga Anda lebih leluasa untuk berbicara.

  1. Mudah ditemukan
Yang keempat, face shield kini sudah mudah ditemukan. Penjual face shield sama banyaknya dengan yang jual masker kain. Harganya pun sangat terjangkau.

Kekurangan Face shield

Dibalik segala kelebihan yang dimilikinya, fase shield juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

  1. Perlindungan lemah
Yang pertama, face shield tidak bisa memberikan perlindungan maksimal. Virus dan partikel berbahaya lainnya masih bisa masuk melalui bagian samping atau bagian lainnya yang memiliki celah. Berbeda dengan masker kain yang menutupi bagian area mulut dan hidung dengan sempurna sehingga tidak ada lagi celah yang tersedia.

  1. Belum ada studi efektivitas penggunaan face shield
Yang kedua, belum ada studi yang membahas mengenai keefektifan face shield dalam menangkal virus corona. Dengan kata lain, Anda belum bisa mengetahui seberapa efektif menangkal virus corona. meskipun demikian, Anda tetap bisa memakainya sebagai perlindungan diri.

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan face shield, dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa face shield tidak bisa menggantikan peran masker. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tetap menggunakan masker untuk melindungi diri dari kemungkinan terpapar virus corona, baik itu masker polos ataupun masker fullprint dengan desain yang unik.

Jika Anda ingin perlindungan tambahan, Anda bisa menambahkan pemakaian face shield untuk perlindungan diri yang lebih maksimal. Masker dan face shield adalah dua perlindungan yang saling melengkapi. Face shield memberikan perlindungan menyeluruh dan masker kain melengkapi kekurangan dari penggunaan face shield.

Tidak ada kewajiban bagi Anda untuk mengenakan face shield. Pelindung wajah ini wajib dipakai oleh mereka yang berstatus sebagai tenaga medis karena mereka melakukan kontak langsung dengan pasien positif corona. Namun jika Anda ingin menggunakannya, boleh-boleh saja. Apalagi kini face shield juga mudah ditemukan karena yang jual face shield jumlahnya sebanyak yang jual masker kain.

Jangan lupa, tetap kenakan masker kain Anda dan lengkapi dengan protokol kesehatan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Pages