Pasutri Baru, Ini Langkah-Langkah Mengumpulkan Dana untuk Kredit Mobil! - TwitterTorss.com

TwitterTorss.com

TwitterTorss.com

Breaking

Monday, December 14, 2020

Pasutri Baru, Ini Langkah-Langkah Mengumpulkan Dana untuk Kredit Mobil!

            Bagi sebagian besar pasutri baru, membeli aset seperti mobil menjadi kebutuhan yang ingin segera dipenuhi setelah menikah. Sebab, ketika sudah hidup berdua apalagi bersama anak, kebutuhan hidup tentu akan berubah; tak terkecuali kebutuhan soal kendaraan. Untuk itu, memiliki mobil sesegera mungkin diidamkan banyak orang.


Siapnikah.org: “Setelah menikah, mobil dapat dikategorikan sebagai kebutuhan maupun keinginan. Jika termasuk kebutuhan, berarti mobil merupakan barang yang akan menunjang hidup Anda. Jika termasuk keinginan, berarti mobil belum punya peran sangat penting buat hidup Anda.”

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda dan pasangan termasuk ke dalam kategori membutuhkan kendaraan untuk menunjang hidup? Jika iya, maka sebaiknya segera mulai kelola keuangan agar bisa memiliki dana yang dibutuhkan untuk pembayaran awal kredit mobil. Sebagai arahan berapa nominal yang dibutuhkan, Anda bisa mengunjungi laman https://www.dipostar.com/id/simulasi-pembiayaan.htm, untuk melakukan simulasi kredit. Sementara untuk pengelolaan keuangannya, Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut:


  • Mantapkan tujuan membeli mobil

Salah satu dilema yang kerap dialami pasutri baru adalah memilih antara membeli rumah atau mobil. Anda dan pasangan perlu menelusuri dulu tujuan membeli aset untuk menentukan pilihan akhir. Membeli kendaraan dianjurkan untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi atau aktivitas lain yang terbilang penting, misalnya berangkat ke kantor bersama pasangan atau mengantarkan orang tua untuk check-up ke rumah sakit. Jika tujuan membeli mobil lebih kuat, Anda dan pasangan bisa meneruskan ke tahap berikutnya.


  • Menabung dengan berinvestasi       

Seperti berumah tangga, menabung juga memerlukan komitmen kuat. Diskusikan jumlah uang yang dapat Anda dan pasangan sisihkan dari penghasilan bulanan yang akan masuk ke pos tabungan. Kalau memungkinkan, simpan tabungan tersebut dalam investasi (seperti reksadana) jika Anda tak mau tabungan cepat habis. Dengan begitu, modal untuk memulai kredit mobil Anda bisa lekas terkumpul.


  • Diskusikan perihal keturunan/anak

Membesarkan anak pastinya memerlukan dana yang cukup besar, apalagi biayanya akan terus naik seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, diskusikan perihal memiliki keturunan bersama pasangan saat merencanakan pembelian mobil lewat cara kredit. Apabila dana yang tersedia terbatas, Anda dan pasangan dapat menunda salah satu di antaranya. Namun kalau sanggup, program kehamilan dapat dilaksanakan sembari mengumpulkan dana untuk membeli mobil dengan cara kredit.


  • Berangkat dan pulang bersama ke kantor

Apakah Anda dan pasangan sama-sama bekerja? Sebaiknya mulai biasakan berangkat ke kantor bersama, terutama kalau rutenya satu arah. Ongkos transportasi sekilas memang terasa ringan, tetapi saat dihitung untuk jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan, bisa sangat besar. Menekan pos pengeluaran dengan berangkat dan pulang ke kantor bisa mempercepat terkumpulnya uang untuk membeli mobil.


  • Jangan boros memakai THR dan bonus

Godaan membeli barang dengan uang THR atau bonus dari perusahaan sering kali sulit ditampik karena nominalnya cukup besar. Namun, daripada boros dan barang yang dibeli tak terpakai, ada baiknya Anda menyisihkan pemasukan tambahan tersebut untuk modal membeli mobil. Terutama kalau Anda dan pasangan hendak mengambil kredit dengan tenor pendek yang membutuhkan uang muka atau down payment lebih besar ketimbang tenor panjang.

Gaya hidup hemat seperti membawa bekal dan air minum sendiri adalah hal-hal kecil lain yang membantu Anda dan pasangan konsisten dalam menabung. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan Anda dan pasangan mampu memulai cicilan kendaraan lebih cepat. Semoga tips di atas bermanfaat, ya.

No comments:

Post a Comment

Pages